Pengertian Kohesi
Perlu dipahami bahwa wacana terikat konteks. Artinya, bahwa wacana tanpa konteks, atau hanya dengan bahasa saja, tidak akan tercipta wacana yang dimengerti atau dipahami. Begitu juga sebaliknya, wacana tanpa bahasa atau hanya konteksnya saja, juga tak akan bisa difahami, disisi lain, tanpa bahasa tidak akan ada wacana. Misalnya, sebuah papan nama yang bertuliskan Hati-hati, daerah rawan kecelakaan!, tidak merupakan wacana apabila diletakan bersama barang yang lain di dalam sebuah gudang tempat penyimpanan barang rongsokan. Jadi antara wacana dan konteks dan juga bahasa itu memiliki keterkaitan atau saling membutuhkan. Sebuah kalimat di dalam teks pun pasti berkaitan dengan kalimat lain yang datang sebelum atau sesudahnya.
Ada sesuatu yang menciptakan suatu wacana (the property of being a text), yaitu keadaan unsur-unsur bahasa yang saling merujuk dan berkaitan secara semantis (Halliday dan Hasan 1976). Keadaan unsur-unsur bahasa yang saling merujuk dan berkaitan secara semantis itu disebut kohesi.
Kohesi adalah konsep wacana yang berasaskan semantik yang merujuk kepada hubungan makna yang wujud dalam sebuah teks bagi membolehkannya dinamakan sebagai wacana. Ia adalah hubungan dua atau lebih unsur dalam sebuah teks. Dengan perkataan lain, kohesi mencoba menerangkan bagaimana ayat-ayat atau bahagian-bahagian teks dihubungkan di antara satu sama lain untuk membentuk wacana. Menurut Halliday dan Hasan (1976), kohesi terhasil apabila interpretasi terhadap sesuatu unsur yang terdapat dalam wacana terikat atau tergantung kepada interpretasi unsur yang lain dalam wacana yang serupa. Satu unsur bahasa membayangkan makna unsur yang lain dalam keadaan unsur tersebut sukar difahami dengan jelas melainkan dengan bantuan unsur sebelumnya.
Oleh yang demikian, hubungan kohesi berlaku di antara dua unsur yaitu unsur yang membayangkan (presupposing element) dan unsur yang dibayangkan (presupposed element) bagi membolehkan kedua-duanya disatukan dalam sebuah wacana. Untuk menggambarkan satu jenis kohesi yang menghubungkan di antara dua unsur, maka istilah tie digunakan. Dalam hal ini, sebuah teks boleh dideskripsikan mengikut jenis dan bilangan tie yang terkandung di dalamnya.
Halliday dan Hasan (1976) berpendapat bahawa kohesi mengandung apa yang dinamakan sebagai konsep perkaitan (relational concept). Kohesi tidak hanya terjadi dengan wujudnya unsur bahasa tertentu yang dianggap mempunyai nilai kohesif dalam teks tanpa ada pertalian dengan unsur bahasa yang lain. Sebaliknya, kohesi merupakan perkaitan di antara satu bahagian dengan bahagian yang lain. Kohesi terjadi apabila interpretasi terhadap sesuatu unsur dalam sebuah wacana memerlukan rujukan terhadap mana-mana unsur atau bahagian dalam wacana yang sama.
Rujukan inilah yang mengaitkan bahagian wacana yang hendak diinterpretasi dengan bahagian-bahagian wacana yang lain. Beaugrande dan Dressler (1981) menyatakan bahwa kohesi menyediakan tahap sokongan untuk menjamin kestabilan teks melalui kesinambungan peristiwa-peristiwa (continuity of occurrences). Ini amat perlu kerana dalam teks terdapat peringkat-peringkat peristiwa yang berturutan di antara satu sama lain. Satu peringkat peristiwa menjadi instrumen untuk memahami beberapa peringkat peristiwa yang lain. Dengan kohesi, sebuah wacana menjadi padu: setiap bagian pembentuk wacana mengikat bagian yang lain secara mesra dan wajar.
Perlu dinyatakan bahwa wacana bukanlah unit tatabahasa yang mempunyai struktur tertentu. Oleh karena itu, kohesi sebagai ciri utama ketekstualan wacana juga bukanlah perkaitan yang berdasarkan struktur yang tertentu. Kohesi juga tidak dibatasi oleh sempadan-sempadan ayat. Struktur yang sebenarnya terdapat dalam wacana adalah perkaitan di antara bahagian-bahagian dalam teks seperti di antara satu unsur dengan unsur yang lain dalam ayat, ayat dengan ayat, perenggan dengan perenggan, episode dengan episode, bab dengan bab, topik dengan topik dan keseluruhan teks.
Perlu dinyatakan bahwa wacana bukanlah unit tatabahasa yang mempunyai struktur tertentu. Oleh karena itu, kohesi sebagai ciri utama ketekstualan wacana juga bukanlah perkaitan yang berdasarkan struktur yang tertentu. Kohesi juga tidak dibatasi oleh sempadan-sempadan ayat. Struktur yang sebenarnya terdapat dalam wacana adalah perkaitan di antara bahagian-bahagian dalam teks seperti di antara satu unsur dengan unsur yang lain dalam ayat, ayat dengan ayat, perenggan dengan perenggan, episode dengan episode, bab dengan bab, topik dengan topik dan keseluruhan teks.
Struktur dalam wacana mempunyai ciri fleksibiliti yang tidak mempunyai bentuk-bentuk tertentu dan lebih bertunjangkan kepada mesej yang hendak disampaikan. Justru itu, struktur dalam wacana sukar untuk dijelaskan. Ini tidak sama dengan makna struktur dalam ayat dan klausa yang biasa difahami dalam konteks nahwu.
Bagian-bagian ayat dan klausa berkohesi di antara satu sama lain kerana ia mempunyai struktur nahuan tertentu. Oleh itu, bahagian-bahagian ayat dan klausa juga mempamerkan ciri ketekstualan yang sama dengan ciri ketekstualan yang dipamerkan oleh bahagian-bahagian wacana. Kepaduan di antara fungsi struktur dalam konteks nahu dan fungsi struktur dalam konteks wacana dapat menghasilkan sebuah wacana yang utuh dan kohesif.
Bagian-bagian ayat dan klausa berkohesi di antara satu sama lain kerana ia mempunyai struktur nahuan tertentu. Oleh itu, bahagian-bahagian ayat dan klausa juga mempamerkan ciri ketekstualan yang sama dengan ciri ketekstualan yang dipamerkan oleh bahagian-bahagian wacana. Kepaduan di antara fungsi struktur dalam konteks nahu dan fungsi struktur dalam konteks wacana dapat menghasilkan sebuah wacana yang utuh dan kohesif.
Dalam kehidupan sehari-hari, jarang sekali kita menggunakan wacana yang terdiri daripada satu ayat saja. Jika ini ditemukan, maka ciri kohesi dalam ayat dapat dideskripsikan dengan mudah melalui struktur nahu ayat tersebut. Pada kebiasaannya, wacana mempunyai lebih daripada satu ayat. Untuk menjelaskan perkaitan kohesi yang terdapat pada bahagian-bahagian wacana tersebut, kita tidak boleh bergantung semata-mata kepada struktur nahwu yang terdapat dalam ayat atau klausa, akan tetapi kita mestilah melihat kepada struktur wacana yang berasaskan semantik di antara bagian-bagian dalam wacana yaitu di antara ayat dengan ayat, perenggan dengan perenggan, episode dengan episode, bab dengan bab, topik dengan topik dan keseluruhan teks. Justru itu, konsep kohesi yang dimaksudkan dalam wacana adalah kohesi yang bukan merujuk kepada struktur nahuan ayat semata-mata tetapi ‘struktur’ wacana yang berasaskan semantik.
Struktur yang terdapat dalam wacana tidak boleh ditentukan sebagaimana kita menentukan struktur dalam penghasilan suatu ayat. Kita tidak boleh menguraikan pola-pola ayat tertentu secara tetap untuk disusun menjadi pola atau struktur wacana sebagai kaidah pembinaan kohesi dalam wacana. Ini adalah kerana, walaupun ayat-ayat dibina dengan betul dalam wacana, tidak semestinya menjamin pengaliran maklumat dengan licin. Apa yang boleh dilakukan ialah dengan memilih beberapa pola ayat daripada sejumlah pola ayat yang diterbitkan secara nahwu dalam suatu bahasa untuk disesuaikan dengan maklumat serta konteks suatu ujaran atau tulisan.
Struktur yang terdapat dalam wacana tidak boleh ditentukan sebagaimana kita menentukan struktur dalam penghasilan suatu ayat. Kita tidak boleh menguraikan pola-pola ayat tertentu secara tetap untuk disusun menjadi pola atau struktur wacana sebagai kaidah pembinaan kohesi dalam wacana. Ini adalah kerana, walaupun ayat-ayat dibina dengan betul dalam wacana, tidak semestinya menjamin pengaliran maklumat dengan licin. Apa yang boleh dilakukan ialah dengan memilih beberapa pola ayat daripada sejumlah pola ayat yang diterbitkan secara nahwu dalam suatu bahasa untuk disesuaikan dengan maklumat serta konteks suatu ujaran atau tulisan.
Kemudian, harus dipikirkan beberapa kemungkinan yang terdapat dalam sistem linguistik untuk menghubungkan di antara pola-pola ayat yang dipilih tadi melalui perkaitan makna. Ini seterusnya dapat menjelaskan bagaimana ayat-ayat yang mempunyai struktur yang berasingan di antara satu sama lain dapat digabungkan melalui interpretasi-interpretasi semantik yang tertentu.
Struktur wacana sebenarnya terhasil daripada pengaliran maklumat yang licin, yang berupaya menghasilkan satuan semantik yang ditunjangi oleh kriteria-kriteria ketekstualan yang lain. Kohesi tidak datang dengan sendirinya, tetapi diciptakan secara formal oleh alat bahasa, yang disebut pemarkah kohesi (cohesive marker), misalnya kata ganti (pronamina), kata tunjuk (demonstrativa), kata sambung (konjungsi), dan kata yang diulang. Kohesi yang terdapat dalam apa saja, juga wacana Arab sama ada yang berbentuk lisan maupun tulisan, secara umumnya boleh diklasifikasikan kepada dua bahagian utama yaitu kohesi nahu (gramatikal) dan kohesi leksikal.
Kohesi gramatikal adalah hubungan semantis yang dimarkahi alat gramatikal – alat bahasa yang digunakan dalam kaitannya dengan tata bahasa. Kohesi gramatikal dapat berwujud referensi atau pengacuan, substitusi atau penyulihan, elipsis atau pelesapan, dan konjungsi atau penghubungan.
Referensi adalah ‘hubungan antara kata dengan objeknya’ – lihat definisi ini dalam bab pragmatik dan bab semantik. Dari sudut analisis wacana, objek yang diacu oleh sebuah kata dapat di luar bahasa dan di dalam bahasa. Referensi dengan objek acuan di luar teks disebut referensi eksoforis, sedangkan referensi dengan objek acuan di dalam teks disebut referensi endoforis. Contoh referensi eksoforis adalah saya dalam kalimat saya belum makan hari ini, yang mengacu pada diri penutur. Contoh referensi endoforis adalah mereka dalam kalimat bapak dan ibu sudah berangkat. Mereka naik taksi.
Berdasarkan tipe objeknya, referensi digolongkan atas:
Subtitusi adalah hubungan antara kata-(kata) dan kata-(kata) lain yang digantikannya. Subtitusi digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya untuk menghindari penyebutan berulang. Contoh alat gramatikal yang digunakan untuk menciptakan subtitusi adalah demonstrativa ini, begini, di bawah ini, dan berikut ini untuk menggantikan kata yang akan disebut; demonstrativa itu, begitu, demikian, tersebut, dan di atas untuk menggantikan kata yang sudah disebut; dan pronomina persona untuk menggantikan nomina persona yang sudah disebut. Adapun hubungan antara subtitusi itu dapat terjadi secara nominal (subtitusi nominal), verbal (subtitusi verbal), dan klausal (subtitusi klausal).
Bagian Kohesi
Struktur wacana sebenarnya terhasil daripada pengaliran maklumat yang licin, yang berupaya menghasilkan satuan semantik yang ditunjangi oleh kriteria-kriteria ketekstualan yang lain. Kohesi tidak datang dengan sendirinya, tetapi diciptakan secara formal oleh alat bahasa, yang disebut pemarkah kohesi (cohesive marker), misalnya kata ganti (pronamina), kata tunjuk (demonstrativa), kata sambung (konjungsi), dan kata yang diulang. Kohesi yang terdapat dalam apa saja, juga wacana Arab sama ada yang berbentuk lisan maupun tulisan, secara umumnya boleh diklasifikasikan kepada dua bahagian utama yaitu kohesi nahu (gramatikal) dan kohesi leksikal.
Kohesi Gramatikal
Kohesi gramatikal adalah hubungan semantis yang dimarkahi alat gramatikal – alat bahasa yang digunakan dalam kaitannya dengan tata bahasa. Kohesi gramatikal dapat berwujud referensi atau pengacuan, substitusi atau penyulihan, elipsis atau pelesapan, dan konjungsi atau penghubungan.
Referensi adalah ‘hubungan antara kata dengan objeknya’ – lihat definisi ini dalam bab pragmatik dan bab semantik. Dari sudut analisis wacana, objek yang diacu oleh sebuah kata dapat di luar bahasa dan di dalam bahasa. Referensi dengan objek acuan di luar teks disebut referensi eksoforis, sedangkan referensi dengan objek acuan di dalam teks disebut referensi endoforis. Contoh referensi eksoforis adalah saya dalam kalimat saya belum makan hari ini, yang mengacu pada diri penutur. Contoh referensi endoforis adalah mereka dalam kalimat bapak dan ibu sudah berangkat. Mereka naik taksi.
Berdasarkan tipe objeknya, referensi digolongkan atas:
- Referensi personal yang ditandai dengan penggunaan pronomina persona, seperti saya, kami, anda, dan sebagainya. Contoh, kami terpaksa menunda keberangkatan keluar negeri. Yang mana, kata kami mengacu pada objek diluar teks.
- Referensi demonstratif yang ditandai dengan penggunaan demonstrativa itu, situ, sana, dan sini. Contoh, saya berbelanja di mall baru kemarin. Di sana lengkap tersedia barang keperluan sehari-hari. Yang mana, kata sana mengacu pada mall baru.
- Referensi komparatif yang ditandai dengan pemakaian kata yang digunakan untuk membandingkan, seperti sama, serupa, dan berbeda. Contoh, Rio berusia lima tahun. Umur Dita sama dengan umur Rio.
Subtitusi adalah hubungan antara kata-(kata) dan kata-(kata) lain yang digantikannya. Subtitusi digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya untuk menghindari penyebutan berulang. Contoh alat gramatikal yang digunakan untuk menciptakan subtitusi adalah demonstrativa ini, begini, di bawah ini, dan berikut ini untuk menggantikan kata yang akan disebut; demonstrativa itu, begitu, demikian, tersebut, dan di atas untuk menggantikan kata yang sudah disebut; dan pronomina persona untuk menggantikan nomina persona yang sudah disebut. Adapun hubungan antara subtitusi itu dapat terjadi secara nominal (subtitusi nominal), verbal (subtitusi verbal), dan klausal (subtitusi klausal).
Sebagai contoh lihat kalimat berikut:
- Arloji yang saya beliau kemarin rusak, tapi, untungnya itu bisa cepat diganti.
- Mereka bekerja keras. Kami juga begitu.
- Indonesia kalah di final. Ya, saya dengar demikian.
Elipsis adalah penghilangan kata-kata yang dapat dimunculkan kembali dalam pemahamannya. Kata yang disebutkan atau dituliskan secara berulang mungkin dapat mengganggu pemahaman. Dalam hal itu, elipsis atau pelepasan dapat dilakukan untuk menciptakan kepaduan wacana. Sebagai contoh lihat kalimat berikut:
- Yuna mengikuti kuliah analisis wacana. Agung juga.
- Karena sakit, Widya tidak bisa mengikuti kuliah hari ini.
Pelepasan dnegan cara yang demikian, lebih memadukan dan mewajarkan kalimat.
Konjungsi atau penghubungan dengan bantuan kata sambung atau konjungsi besar pula peranannya dalam mewujudkan kohesi gramatikal. Penghubungan dapat dilakukan antar gagasan di dalam sebuah kalimat ataupun antar kalimat. Konjungsi, sebagai alat gramatikal, yang dugunakan untuk menghubungkan satu gagasan dengan gagasan yang lain di dalam sebuah kalimat disebut konjungsi intrakalimat, sedangkan konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan satu gagasan dengan gagasan yang lain di dalam kalimat yang berbeda disebut konjungsi antar kalimat. Sebagai contoh lihat kalimat berikut:
- Saya ingin memperdalam bidang saya di universitas luar negri, tetapi kesempatan itu belum ada.
- Pemerintah berencana memperluas jaringan telepon tanpa kabel. Oleh karena itu, pemerintah membuka kesempatan bagi perusahaan swasta yang berminat dan mampu mewujudkan rencana tersebut.
Kohesi Leksikal
Kohesi leksikal adalah hubungan semantis antarunsur pembentuk wacana dengan memanfaatkan unsur leksikal atau kata. Kohesi leksikal dapat diwujudkan dengan reiterasi dan kolokasi.
Reiterasi adalah pengulangan kata-kata pada kalimat berikutnya untuk memberikan penekanan bahwa kata-kata tersebut merupakan fokus pembicaraan. Reuterasi dapat berupa repetisi, sinonomi, hiponimi, metonimi, dan antonimi. Berikut ini penjelasan mengenai definisi kelimanya secara ringkas dipandang dari segi analisis wacana.
Repetisi adalah pengulangan kata yang sama. Lihat contoh berikut:
Repitisi yang menciptakan kepaduan dalam kalimat diatas terjadi pada kalimat tersangka. Repetisi digunakan untuk menandai kata yang dipentingkan.
Sinonimi adalah hubungan antarkata yang memiliki makna sama. Lihat contoh berikut:
Sinonimi yang menciptakan kepaduan dalam contoh di atas terjadi pada kata suami istri dan pasangan pengantin. Dengan sinonimi, penggnaan kata dalam wacana lebih bervereasi dan menarik.
Hiponimi adalah hubuingan antarkata yng bermakna spesifik dan kata yang bermakna generik. Contohnya lihat kalimat berikut:
Metonimi adalah hubungan antara nama untuk benda yang lain yang berasosiasi atau yang menjadi atributnya. Sebagai contoh lihat kalimat berikut:
Dalam contoh di atas, yang dimaksud garuda bukanlah burung garuda, melainkan nama pesawat yang berasosiasi dengan burung garuda karena kesamaan sifat, misalnya, yaitu dapat terbang. Metonimi membuat wacana lebih menarik dan efesien.
Antonomi adalah hubungan antarkata yang berasosiasi makna. Sebagai contoh lihat kalimat berikut:
Kohesi dalam contoh tersebut, tercipta dengan pemakaian kata simpati dan antipati yang berantonomi. Kata-kata yang beroposisi dengan selaras membuat pemahaman pembaca lebih cepat memahami wacana.
Kolokasi adalah hubungan antarkata yang berada pada lingkungan atau bidang yang sama. Contoh kolokasi tampak pada kalimat berikut.
Dalam contoh di atas, petani berkolokasi secara tepat dengan padi dan sawah sehingga tercipta kohesi wacana.
Sumber:
‘Komisi pemberantasan korupsi menetapkan Sumardi sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi di perusahaan besar itu. Tersangka saat ini ditahan di Rumah Tahanan Salemba’.
Repitisi yang menciptakan kepaduan dalam kalimat diatas terjadi pada kalimat tersangka. Repetisi digunakan untuk menandai kata yang dipentingkan.
Sinonimi adalah hubungan antarkata yang memiliki makna sama. Lihat contoh berikut:
‘Setelah 34 tahun memendam cinta membara, akhirnya pangeran Charles dan Camilla Parker resmi menjadi suami-istri. Pasangan pengantin ini nikah pada hari sabtu, 9 April 2005’.
Sinonimi yang menciptakan kepaduan dalam contoh di atas terjadi pada kata suami istri dan pasangan pengantin. Dengan sinonimi, penggnaan kata dalam wacana lebih bervereasi dan menarik.
Hiponimi adalah hubuingan antarkata yng bermakna spesifik dan kata yang bermakna generik. Contohnya lihat kalimat berikut:
‘Mamalia mempunyai kelenjar penghasil susu. Manusia menyusui anaknya. Pauspun demikian’.Dalam kalimat di atas manusia dan paus merupakan hiponim dari kelas hiperonim mamalia – perhatikan bahwa dalam hubungan heponimi ini heperonim tidak perlu disebutkan di depan hiponimnya, seperti mamalia manusia dan mamalia paus. Penggunaan hiponimi membuat wacana menjadi efisien.
Metonimi adalah hubungan antara nama untuk benda yang lain yang berasosiasi atau yang menjadi atributnya. Sebagai contoh lihat kalimat berikut:
‘Maskapai penerbangan Garuda meningkatkan frekuensi penerbangan untuk rute tertentu. Garuda jakarta-batam sekarang akan terbang enam kali sehari’.
Dalam contoh di atas, yang dimaksud garuda bukanlah burung garuda, melainkan nama pesawat yang berasosiasi dengan burung garuda karena kesamaan sifat, misalnya, yaitu dapat terbang. Metonimi membuat wacana lebih menarik dan efesien.
Antonomi adalah hubungan antarkata yang berasosiasi makna. Sebagai contoh lihat kalimat berikut:
‘Saat menyaksikan pelaku kejahatan yang berasal dari kalangan miskin dalam berita di televisi, kadang-kadang muncul perasaan simpati. Namun, pada sat yang lain muncul perasaan antipati’.
Kohesi dalam contoh tersebut, tercipta dengan pemakaian kata simpati dan antipati yang berantonomi. Kata-kata yang beroposisi dengan selaras membuat pemahaman pembaca lebih cepat memahami wacana.
Kolokasi adalah hubungan antarkata yang berada pada lingkungan atau bidang yang sama. Contoh kolokasi tampak pada kalimat berikut.
‘Petani di Palembang terancam gagal memanen padi. Sawah yang mereka garaf terendam banjir selama dua hari’.
Dalam contoh di atas, petani berkolokasi secara tepat dengan padi dan sawah sehingga tercipta kohesi wacana.
Sumber:
- Nurgiyantoro Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: gajah mada university press.
- Jamal D. Rahman. 2007. Media Indonesia. - . Majalah Horison.
Post a Comment (0)